KABUPATEN DHARMASRAYA LAKUKAN PUBLIKASI LAPORAN AKHIR PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2024

KABUPATEN DHARMASRAYA LAKUKAN PUBLIKASI LAPORAN AKHIR PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2024


DHARMASRAYA -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman menghadiri Rapat Akhir Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Kabupaten Dharmasraya Tahun 2024. Acara ini dihadiri oleh Tim ahli Penyusunan IKM yang berasal dari Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas dan 17 Kepala OPD/instansi yang menjadi fokus survei dalam penyusunan indeks kepuasan masyarakat (IKM) yaitu: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial P3APPKB, Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan, Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sitiung, UPT RSUD Sungai Dareh, UPT RSUD Sungai Rumbai UPT Puskesmas Sitiung 1, UPT Puskesmas Koto Baru, UPT Puskesmas Sungai Dareh, Nagari Koto Baru, Nagari Sungai Duo, Nagari IV Koto Pulau Punjung. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Tahir Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Jum’at, (11/10/22).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menyampaikan hasil pengukuran IKM juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Kabupaten  ini dimaksudkan untuk dapat memberikan informasi mengenai kondisi kepuasan masyarakat yang mendapatkan layanan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Dharmasraya pada Tahun 2024..

"Ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh OPD/Instansi yang telah bisa kooperatif dalam menyampaikan data valid yang dibutuhkan dalam pelaksanaan survei IKM ini. Hal ini dilakukan untuk kemajuan daerah kita juga sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan publik ke depan" ujar Sekda.

“Pelaksanaan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada beberapa lokasi strategis untuk mengumpulkan informasi langsung dari responden. Pelaksanaan survei dimulai dengan tahapan persiapan, penyiapan instrumen dan coaching enumerator, pengumpulan data lapangan, tabulasi dan analisis data, pembahasan draft awal, penyiapan laporan, penyusunan rekomendasi serta pembahasan dan penyerahan Laporan dan Presentasi Hasil” Ujar Ketua Tim, Charles Simabura.

Dr. Charles Simabura, SH.,MH. selaku Ketua Tim Ahli IKM menyampaikan hasil pengolahan data kuesioner atas layanan di Pemerintah Dharmasraya. Terdapat 5 OPD/Instansi dengan kinerja sangat baik, diantaranya: Kantor Camat Pulau Punjung dengan nilai 91,02, UPT Puskesmas Sitiung 1 dengan nilai 90,81, Dinas Perhubungan dengan nilai 89,34, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 88,70 dan Kantor Wali Nagari Sungai Duo dengan nilai 87,51. Secara keseluruhan, dari rekapitulasi skor IKM Kabupaten Dharmasraya Tahun 2024 semua unit kerja mendapatkan mutu pelayanan dengan nilai B, sehingga dapat dikatakan kinerja pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya Tahun 2024 dalam kategori baik.