PUBLIKASI LAPORAN AKHIR PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2022

PUBLIKASI LAPORAN AKHIR PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2022


DHARMASRAYA -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili Kepala Bapppeda Dharmasraya, Paryanto menghadiri Rapat Akhir Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Acara ini dihadiri oleh Tim ahli IKM yang berasal dari LPPM Universitas Andalas dan Kepala OPD/instansi yang menjadi fokus survei dalam penyusunan indeks kepuasan masyarakat (IKM) yaitu: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial P3APPKB, RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Kecamatan Koto Besar, Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sitiung, Puskesmas Sitiung 1, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Sungai Rumbai, Nagari Koto Laweh, Nagari Gunung Selasih, Nagari Gunung Medan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lt 2 Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis, (01/12/22).

Dalam sambutannya, Kepala Bapppeda menyampaikan nilai/tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil analisis penyusunan IKM dapat dijadikan pedoman untuk mengukur perubahan nilai kepuasan masyarakat serta dasar penyelenggaraan konsultasi publik ke depan. Perbaikan Pelayanan Publik agar dapat dilakukan untuk keberhasilan Penyelenggara pelayanan.

"Ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh OPD/Instansi yang telah bisa kooperatif dalam menyampaikan data valid yang dibutuhkan dalam pelaksanaan survei IKM ini. Hal ini dilakukan untuk kemajuan daerah kita juga sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan publik ke depan" ujar Kepala Bapppeda.

Survei Kepuasan Masyarakat memberi ruang kepada masyarakat Dharmasraya untuk berpartisipasi memberikan input dan masukan kepada pemerintah daerah terkait dengan pelayanan publik yang diselenggarakan. Bagi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya masukan ini adalah dasar dalam membuat kebijakan terutama bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang.

"Pelaksanaan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada beberapa lokasi strategis untuk mengumpulkan informasi langsung dari responden. Waktu pelaksanaan survei selama 75 hari kalender. Pelaksanaan survei dimulai dengan tahapan persiapan, penyiapan instrumen dan coaching enumerator, pengumpulan data lapangan, tabulasi dan analisis data, pembahasan draft awal, penyiapan laporan, penyusunan rekomendasi serta pembahasan dan penyerahan Laporan dan Presentasi Hasil" Ujar Ketua Tim, Asrinaldi.

Prof. Dr. Asrinaldi, M.Si., selaku Ketua Tim Ahli IKM menyampaikan hasil pengolahan data kuesioner atas layanan di Pemerintah Dharmasraya. Nilai IKM Unit Pelayanan Dinas Pendidikan yaitu 82,47 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Dinas PMPTSP yaitu 87,35 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Dinas Dukcapil yaitu 84,27 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Dinas Perhubungan yaitu 84,62 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Dinas Sosial P3APPKB yaitu 83,39 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan RSUD Sungai Dareh yaitu 81,67 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Camat Koto Besar yaitu 84,42 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Camat Pulau Punjung yaitu 84,25 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Camat Sitiung yaitu 81,64 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Puskesmas Sitiung 1 yaitu 81,59 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Puskesmas Koto Baru yaitu 82,15 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Puskesmas Sungai Rumbai yaitu 87,59 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Wali Nagari Koto Laweh yaitu 82,15 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Wali Nagari Gunung Selasih yaitu 84,66 dengan kinerja unit layanan Baik. Nilai IKM Unit Pelayanan Kantor Wali Nagari Gunung Medan yaitu 83,43 dengan kinerja unit layanan Baik. Secara keseluruhan, dari rekapitulasi skor IKM Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 semua unit kerja mendapatkan mutu pelayanan dengan nilai B. Sehingga dapat dikatakan kinerja pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 dalam kategori baik.

Beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Tim Ahli IKM terkait peningkatan pelayanan publik diantaranya pemanfaatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektornik (SPBE), sosialisasi layanan melalui media sosial, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, peningkatan SDM, serta adanya umpan balik dari penyelenggara layanan publik terhadap respons pengaduan dari masyarakat.